Bagaimana Caranya

Nama Hari pada Microsoft Excel

Satutimor.com/KUPANG– Mengetik jadwal panjang dengan tanggal dan nama hari bisa jadi sangat merepotkan. Apalagi kalau jadwal untuk satu tahun dan daftar yang diatur cukup panjang. Tips ini akan memudahkan Anda mengatur nama hari secara otomatis  sesuai tanggal yang Anda masukan pada kertas kerja Microsoft Excel.

Caranya gampang. Tapi sebelumnya pastikanlah apakah computer Anda sudah diatur dalam regional setting : Indonesia atau belum. Kalau sudah, maka Anda bisa langsung membaca tahapan membuka file Excel

Cara mengatur regional setting : Indonesia sebagai berikut. Buka Control Panel dengan klik [Start, Control Panel, Regional Setting]

Control Panel

Kotak Regional and Language akan terbuka.

Regional and Language

Pada Tab Format pilih Indonesian (Indonesia). Aturlah agar sesuai dengan yang tampak pada gambar Regional and Language di atas. Perhatikanlah bahwa setingan baku Windows adalah Inggris. Karena itu kalau tahap ini adalah setingan baru pada komputer atau laptop Anda maka dalam beberapa kasus akan ada peringatan untuk me-restrart komputer atau laptop Anda.

format cellSelanjutnya buka file jadwal Anda pada Excel. Arsir Kolom atau cell yang akan diberi nama hari. Buka Format Cell dengan cara klik kanan dan klik format cell atau tekan CTRL+1.

format cell 2Ganti tulisan general yang tengah diarsir itu dengan “dddd” (tidak pakai kutip)n danm klik OK. Dengan begitu saat Anda mengetik tanggal dan bulan (misalnya 7/2 ) pada salah satu cell yang tadi diarsir, maka akan akan langsung muncul kata Jumat. (satutimor).

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s